Makanan Khas Lampung yang Dijamin Bikin Ketagihan, Mana Favoritmu?

Makanan Khas Lampung yang Dijamin Bikin Ketagihan, Mana Favoritmu?




Liburan ke Lampung tidak akan menyeluruh tanpa mencicipi sekian banyak  hidangan khas Lampung yang menggugah selera. Bukan melulu terkenal dengan tujuan wisata, kopi, dan sekolah gajahnya saja, Lampung pun mempunyai ragam wisata kuliner yang begitu menggoda. Sangat sesuai buat melengkapi kegiatan liburanmu ketika berada di Lampung.
Ada tidak sedikit pilihan makanan enak di Lampung yang dapat kamu jajaki sensasi rasanya, dan barangkali tidak anda temukan di wilayah lain sehingga buat kangen.

Makanan Khas Lampung Paling Terkenal
Biar tidak penasaran inilah ini ialah beberapa jenis makanan khas di Lampung yang dapat kamu explore keanehan rasanya.


1. Gulai Taboh









Menu masakan gulai memang selalu buat lidah bergoyang sebab cita rasanya yang begitu menggoda. Tak terkecuali dengan gulai taboh yang adalahsalah satu makanan khas Lampung. Biasanya gulai taboh disajikan sebagai sayur pendamping pada jamuan makan.

Gulai taboh serupa dengan lodeh, perbedaannya terletak pada bahan yang dipakai karena gulai taboh memakai ikan sebagai bahan utamanya. Penggunaan bumbu dan rempah yang lumayan lengkap menghadirkan cita rasa Lampung yang begitu khas.

Gulai taboh terdiri dari dua jenis, yakni gulai taboh berbahan ikan laut yang diperbanyak sayuran daun tangkil, kacang panjang, serta rebung. Dan gulai taboh berbahan ikan sungai yang dibaur tuba atau kluwak.

Ada pun jenis gulai taboh tapa semalam yang memakai ikan asap bercampur santan kental yang berasal dari wilayah pesisir Lampung. Masakan ini mempunyai cita rasa yang khas dan unik sebab menggunakan ikan asap yang dimatangkan dengan teknik diasap sekitar 6 jam.
Untuk menyantap kelezatan gulai taboh kamu dapat datang ke Cikwo Resto & Coffee yang sedang di Jalan Kimaja, Bandar Lampung.


2. Seruit








Makanan tradisional ini seringkali disajikan pada acara pernikahan atau upacara adat. Seruit adalahmenu makanan yang diciptakan dari bahan dasar ikan yang dihanguskan dan dibumbui.
Ikan Bakar pun dilengkapi dengan sambal dan tempoyak, yakni daging durian yang telah diawetkan atau difermentasi. Tidak ketinggalan pun dengan lalapan berupa daun kemangi, jengkol, terong, serta daun jambu monyet yang kemudian dibaur dan diaduk menjadi satu.

Untuk merasakan seporsi seruit yang menarik dan menggoda kamu dapat datang ke Rumah Makan Rusdi Gendut yang sedang di Jalan Pangeran Tirtayasa Sukabumi, Bandar Lampung. Rekomendasi lainnya ialah Rumah Makan D’Seruit Lampung di Jalan Gatot Subroto, Gang Fayakun, Bandar Lampung.


3. Bekasam









Makanan khas Lampung ini telah semakin langka dan barangkali tidak begitu dikenal oleh generasi muda ketika ini. Proses pembuatannya yang lumayan lama menciptakan jenis makanan ini semakin langka dan sulit untuk ditemukan.

Bekasam tercipta dari rebung atau bambu muda yang diiris tipis dan lantas direndam ke dalam air dengan wadah tertutup sampai-sampai terjadi proses fermentasi. Setelah dibersihkan bersih, baru kemudian dibaur dengan potongan daging ikan. Selanjutnya ditempatkan ke dalam wadah tertutup dan pulang difermentasi.

Setelah dirasa cukup, kedua bahan itu baru dipress dan ditiriskan airnya. Selanjutnya siap guna dibumbui dan dimasak menjadi suatu hidangan yang menggugah selera.
Meskipun lumayan langka, tetapi kamu dapat menemukan menu ini di Cikwo Resto & Coffee di Jalan Kimaja, Bandar Lampung.


4. Tempoyak










Tempoyak atau tempoyang adalahmakanan khas Lampung yang tercipta dari daging durian dengan kualitas terbaik yang lantas difermentasi. Tempoyak mempunyai cita rasa yang menarik dan khas.
Biasanya tempoyak disantap bareng nasi atau dijadikan bumbu masakan yang akan menciptakan masakan terasa semakin nikmat. Tempoyak pun lazim dipakai sebagai gabungan sambal, sampai-sampai cita rasanya tidak banyak asam.


5. Benjak Enjak









Makanan tradisional khas Lampung ini tercipta dari gabungan beras ketan, pisang raja, gula, dan santan. Masyarakat Lampung Pesisir dan Lampung Pepadun seringkali menyajikan kudapan manis ini pada ketika acara adat atau acara keluarga. Sementara masyarakat Lampung Selatan mengenal kue ini dengan sebutan bebai makhing.

Sensasi rasa gurih dan manis pada makanan ini sangat sesuai buat mendampingi acara ngeteh dan ngopimu di senja hari. Kue ini sesuai dijadikan buah tangan, dan kamu dapat mendapatkannya di sejumlah toko oleh-oleh yang terdapat di Lampung, terutama toko kue yang memasarkan jajanan tradisional khas Lampung.


6. Gabing







Jika umbu memakai bahan dasar rotan muda, maka gabing memakai batang kelapa muda sebagai bahan utamanya. Batang kelapa muda yang telah diiris tipis lantas direbus bareng bumbu dan rempah sampai-sampai menimbulkan wewangian sedap yang menggugah selera.

Biasanya gabing dimasak dengan kuah atau tanpa kuah tergantung selera. Bagi menambah kesenangan rasanya, gabing juga dapat dimasak bareng bahan lainnya laksana jamur ataupun daging.
Menu menarik gabing dapat kamu dapatkan di rumah santap yang eksklusif menghidangkan manu makanan khas Lampung, laksana Cikwo Resto & Coffee di Jalan Kimaja, Bandar Lampung.


7. Pindang Lampung








Olahan pindang khas Lampung seringkali mempunyai cita rasa yang gurih dan asam. Olahan ikan ini tidak saja menggunakan ikan laut tetapi pun ikan tawar laksana ikan patin, ikan bawal, ikan gabus, dan ikan baung.

Biasanya semangkuk pindang dihidangkan bareng semangkuk kecil tempoyak atau sambal terasi. Perpaduan kuah pindang dengan sambal terasi ataupun tempoyak menghasilkan cita rasa menarik yang begitu menggoda.

Untuk merasakan sensasi rasa pindang Lampung nan lezat kamu dapat datang ke Pindang Uwo yang sedang di Jalan P.Emir Moh. Noer, Durian Payung, Tanjung Karang Pusat, Bandar Lampung.



8. Engkak









Engkak adalahkudapan manis khas Lampung yang tercipta dari bahan tepung beras ketan, telur, santan, mentega, gula pasir, dan susu kental manis. Biasanya engkak disajikan dalam acara hajatan atau hari raya sebagai pelengkap kue lapis legit.

Cita rasanya yang manis sangat sesuai buat menemani masa-masa santaimu di senja hari bareng secangkir kopi atau teh hangat. Kudapan manis ini dapat kamu dapatkan di Aidan’s Legit & Engkak yang sedang di Teluk Betung, Kota Bandar Lampung.

0 Response to "Makanan Khas Lampung yang Dijamin Bikin Ketagihan, Mana Favoritmu?"

Posting Komentar

Maps

wdcfawqafwef

wa