10 Makanan Khas Betawi yang Paling Favorit dan Terkenal!


Setiap kota di Indonesia mempunyai makanan khas yang nikmat, tergolong Jakarta. Di tengah gempuran kuliner kekinian, Jakarta tetap dapat mempertahankan kemurnian makanan khasnya.
Dari sekian tidak sedikit jenis makanan ibu kota, sepuluh di antaranya jadi yang sangat favorit. Nah kali ini IDN Times rangkum sejumlah makanan khas Betawi yang sangat jadi kesayangan dan familiar di kalangan seluruh umur. Intip yuk kira-kira terdapat apa ajah!


1. Kerak Telor







Telur dihadapkan pada panas arang sampai jadi serupa kerak dan terlihat agak gosong, kemudian diberi bawang goreng dan serundeng.


2. Semur Jengkol








Meski baunya kadang gak disukai, olahan jengkol tetap jadi favorit tidak sedikit orang. Salah satunya semur jengkol.


3. Soto Betawi








Makanan khas Betawi yang satu ini pastinya anda tahu deh, selain tidak sedikit yang jual di pinggir jalan pun kamu bisa buat sendiri dirumah. Salah satu karakteristik soto Betawi yaitu adanya jeroan, bahkan mata dan torpedo sapi, serta emping.


4. Asinan Betawi









Siapa yang tidak tahu dengan makanan karakteristik yang satu ini. Asinan Betawi terdiri dari kol, sawi, selada, dan taoge yang diasinkan. Kemudian, disajikan dengan gabungan bumbu kacang, cuka, dan cabai


5. Roti Buaya








Roti buaya seringkali muncul di acara pernikahan tradisional orang Betawi. Buaya melulu kawin sekali, maka dari tersebut dipercaya dapat jadi emblem kesetiaan.


6. Ketoprak








Ketoprak memakai bahan utama laksana tahu, timun, bihun, dan telur rebus, kemudian dibumbui dengan saus kacang, kecap manis, dan taburan bawang merah.


7. Laksa Betawi








Laksa Betawi terdiri dari mie yang dimasak dengan kuah kekuningan dari udang rebon. Makin nikmat dimakan bersama ketupat, taoge, telur, dan kucai.


8. Soto Tangkar









Soto tangkar berarti iga yang dimasak dengan rempah-rempah, seringkali disajikan dengan melinjo dan sambal.


9. Sayur Babanci










Sayur babanci seringkali disajikan ketika buka puasa dan Lebaran. Lucunya, walau namanya sayur babanci, ternyata malah tak terdapat sayurannya.


10. Ayam Sampyok








Ayam sampyok adalahperpaduan cita rasa Tiongkok dan Betawi yang khas. Tak melulu dimasak sekali, namun dua kali guna meyakinkan bumbu meresap.

Makanan khas Betawi dikenal punya rasa yang autentik dengan sentuhan bumbu rempah-rempah. Dari sepuluh makanan di atas, yang mana saja favoritmu?

0 Response to " "

Posting Komentar

Maps

wdcfawqafwef

wa