10 Makanan Ringan Dari Singkong Yang Sangat Lezat

10 Makanan Ringan Dari Singkong Yang Sangat Lezat



Singkong adalahsalah satu bahan makanan sangat populer di Indonesia. Meskipun masih jarang yang menjadikannya sebagai makanan pokok laksana nasi, namun tidak sedikit yang mengubah singkong ini menjadi makanan enteng yang paling lezat.

Singkong pun adalahmakanan yang kaya karbohidrat sampai-sampai dapat menyerahkan efek kenyang dengan cepat pada perut. Dengan begitu, cemilan dari bahan singkok bisa menjadi pengganjal perut yang pas di ketika lapar. Makanan enteng dari singkong paling mudah didatangi di sekian banyak  tempat. Berbagai makanan enteng tersebut seringkali juga dipasarkan dengan harga yang lumayan murah. Nah, inilah bacaterus.com bakal mengulas susunan makanan enteng yang diciptakan dari bahan dasar singkong.


1. Singkong Rebus








Cara mengubah singkong yang sangat mudah ialah dengan merebus atau mengukusnya. Cukup ambil sejumlah batang singkong, kupas, potong kecil-kecil, kemudian rebus sampai matang. Olahan singkong rebus ini sangat sesuai untuk menemani anda di masa-masa santai


2. Getuk








Getuk adalahsalah satu makanan yang berasal dari wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Getuk diciptakan dengan teknik merebus singkong lantas menumbuknya sampai halus. Setelah itu, singkong yang telah halus diberi gabungan gula jawa dan pewarna makanan. Getuk seringkali disajikan dengan taburan parutan kelapa di atasnya.


3. Singkong Crispy









Makanan yang selanjutnya ini telah termasuk dalam olahan singkong versi modern. Singkong crispy ini tampaknya terinspirasi dari salah satu sekian banyak  jajanan crispy beda yang tidak sedikit dijual di saudagar kaki lima laksana kentang crispy, jamur cripsy, dan lainnya. Bagi rasanya sendiri singkong crispy ini paling lezat, terlebih dengan efek kriuk saat memakannya.


4. Keripik Singkong









Nah, bila makanan enteng dari singkong yang satu ini rasanya sudah semakin banyak di mana-mana. Jika dulu keripik singkong melulu terdiri dari satu rasa saja, sekarang keripik yang paling renyah ini telah tersedia dengan sekian banyak  macam varian rasa. Salah satu yang sangat populer ialah keripik pedas. Makanan ini sempat booming di Bandung sejumlah waktu yang kemudian berkat suatu produk lokal dengan brand  “emak-emak”. Karena orang Indonesia yang suka latah, maka setelah tersebut bermunculanlah sekian banyak  merek lainnya, mulai dari “emak”, “engkong”, sampai “buyut” dan lainnya.

Keripik pedas tersebut seringkali terdiri dari sekian banyak  macam level atau tingkat kepedasan. Bahkan dalam sejumlah level tampaknya lebih tidak sedikit bumbu cabenya dibanding keripiknya. Di samping rasa pedas, keripik singkong pun saat ini ada dalam rasa balado, keju, dan lainnya.


5. Singkong Goreng










Di samping direbus, singkong pun dapat dinikmati kelezatannya dengan teknik digoreng. Singkong goreng ini sangat gampang sekali didatangi di pinggir jalan. Biasanya, singkong goreng ini juga dipasarkan bersamaan dengan ragam gorengan yang lainnya. Rasa gurih beserta teksturnya yang renyah menciptakan singkong goreng ini paling pas dinikmati dalam sekian banyak  suasana.


6. Singkong Bakar









Tidak melulu jagung atau ubi saja yang nikmat andai dibakar, sebab singkong pun sangat menggugah selera ketika diubah dengan teknik dibakar. Ketika matang, Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung atau dapat juga dicampurkan dengan bumbu lain. Sewaktu kecil pengarang sendiri sangat suka memakan singkong bakar yang dicocol dengan gula pasir. Ada yang telah coba?


7. Tape










Tape adalahsebuah makanan yang diubah dari singkong yang difermentasi. Makanan ini cukup tidak sedikit tersebar di indonesia dengan sekian banyak  macam jenis dan nama, tetapi yang sangat terkenal terdapat tape dari Bandung. Di Bandung sendiri tape singkong dikenal dengan nama “peuyeum”.
Cara menciptakan tape sendiri sangatlah mudah sebab kita melulu tinggal mengupas singkong, lantas mencuci, dan memendamnya sesudah dibaluri dengan ragi tape. Proses pemendaman ini dalam bahasa Sunda familiar dengan istilah “dipeyeum” sampai-sampai tape singkong ini kesudahannya dinamai sebagai “peuyeum”.

Meskipun tidak diberi gula atau pemanis, tetapi tape dapat menjadi manis sebab proses fermentasi yang mengurai zat gula di dalamnya. Tape ini dapat dimakan langsung atau diubah menjadi makanan lainnya laksana colenak.


8. Donat Singkong










Donat singkong pun adalahsalah satu makanan yang lumayan modern. Jika seringkali donat diciptakan dari tepung terigu, maka kini dapat juga diciptakan dari bahan kentang, ubi, sampai singkong. Rasa donat singkong ini pun tidak jauh bertolak belakang dengan donat biasa dan lumayan mengenyangkan untuk memenuhi perut kosong.


9. Comro










Comro adalahsalah satu makanan khas Bandung yang lumayan populer. Penamaannya sendiri adalahsingkatan dari bahasa Sunda yaitu “oncom dijero” yang berarti “oncom di dalam”. Ya, comro memang diciptakan dari singkong yang ditumbuk halus kemudian dibaur dengan sambel oncom. Comro ini paling nikmat dimakan sesudah digoreng atau selagi dalam suasana hangat.


10. Misro










Makanan enteng yang selanjutnya ini adalahsaudara kembar dari comro. Jika comro dipenuhi dengan oncom, maka misro ini dipenuhi dengan gula jawa. Jadi misro ini bisa disebut sebagai versi manis dari comro.

Untuk membedakannya dengan comro, semua penjual gorengan seringkali membuat misro dalam format lonjong sementara comro berbentuk pipih. Misro sendiri adalahsingkatan dari “amis di jero” yang dengan kata lain “manis di dalam”.

0 Response to "10 Makanan Ringan Dari Singkong Yang Sangat Lezat"

Posting Komentar

Maps

wdcfawqafwef

wa